Popular Post

Posted by : raka m farhan Kamis, 08 Januari 2015

Assalamuallaikum wr. wb


Yak melanjutkan tugas - tugas yang belum kelar. sekarang gua akan melanjutkan tugas tersebut dan beda materinya. sekarang gua akan menjelaskan tentang Pertentangan Sosial Dan Integrasi Dalam Masyarakat 


















Kalian pasti tau film crows zero. ini film seru abis yang menceritakan tentang konflik antara siswa sma dan ini masuk tentang pembahasan yang gua akan menjelaskan ini. 

Pertentangan Sosial
Pertentangan sosial merupakan suatu konflik yang biasanya timbul akibat faktor - faktor sosial, contohnya salah paham. Pertentangan sosial ini adalah salah satu akibat dari adanya perbedaan - perbedaan dari norma yang menyimpang di kehidupan masyarakat. pertentangan sosial dapat terjadi di dalam kehidupan sehari - hari.
Adapun faktor - faktor yang mempengaruhi terjadinya :
> Rasa iri antara satu dengan yang lain
> Adanya rasa ketidakpuasan dengan perlakuan atau tindakan yang di terima dan di diberikan oleh orang lain
> Adanya adu domba di antara masyarakat, kelompok, atau di dalam pemerintahan.

Contoh pertentangan sosial ya seperti di atas tentang crows zero konflik antara pelajar. Karena kesalahpahaman dan perbedaan pendapat antara mereka.

Integrasi Sosial
Integrasi sosial dimaknai sebagai proses penyesuaian di antara unsur - unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memiliki keserasian fungsi.
Definisi lain mengenai integrasi adalah suatu keadaan dimana kelompok - kelompok etnik lain beradaptasi dan besikap komformitas terhadap kebudayaan mayoritas masyarakat namun masih tetap mempertahankan kebudayaan mereka masing - masing.
Integrasi ini sangat di perlukan dalam kehidupan bermasyarakat agar masyarakat tidak bubar meskipun menghadapi berbagai tantangan. baik berupa tantangan fisik maupun konflik yang terjadi secara sosial budaya.

Bentuk integrasi sosial, diantaranya :
Asimilasi : Pembauran kebudayaan yang disertai ciri budaya asli
Akulturasi : Penerimaan kebudayaan asing tanpa menghilangkan kebudayaan asli

Faktor - faktor yang terjadinya integrasi dalam masyarakat :
> Faktor Internal
1. kesadaran diri sendiri
2. tuntutan kebutuhan
3. jiwa dan semangat gotong royong

> Faktor External
1. tuntutan perkembangan zaman
2. persamaan kebudayaan
3. terbukanya kesempatan berpastisipasi dalam kehidupan bersama
4. persamaan visi, misi, dan tujuan
5. sikap toleransi
6. adanya tantangan dari luar

Kepentingan
Kepentingan adalah kebutuhan individu/kelompok. Banyak pula berpendapat kepentingan adalah dari timbulnya sikap dan tingkah laku individu. individu bertingkah laku karena adanya dorongan untuk memenuhi kepentingannya dilihat dari jenisnya di bagi menjadi 2
1. Kepentingan Umum
Kepentingan yang didasari kepentingan/kebutuhan banyak orang seperti pemerintah menurunkan harga minyak. yang jika di lihat dari positifnya itu adalah kepentingan umum, Yaitu masyarakat
2. Kepentingan Pribadi / Diri sendiri
Kepentingan diri sendiri adalah kepentingan/kebutuhan sesuai keinginan diri sendiri. Kepentingan seperti makan, minum, mandi, membeli makanan, dll. yang hanya untuk memuaskan/memenuhi kebutuhan individu.

Prasangka dan Diskriminasi
Prasangka dan diskriminasi dua hal yang sangat berkerterkaitkan. kedua ini sama - sama dapat merugikan pertumbuhan perkembangan, bahkan integrasi masyarakat itu sendiri, perbedaan terpokok antara prasangka dengan diskriminasi adalah prasangka yang menunjukan pada aspek dan sikap, sedangkan diskriminasi cenderung pada tindakan.
prasangka bisa juga di artikan sebagai suatu sikap yang melampaui tergesa - gesa yang berdasarkan generalisasi yang terjadi begitu cepat, sikap berprasangka jelas tidak adil sebab sikap itu disimpulkan berdasarkan pengalaman atau apa yang dia dengar bukan berdasarkan kenyataan yang ada.

Etnhosentrisme streotype
Dalam pengertian di atas adalah sikap untuk menilai unsur - unsur kebudayaan orang lain dengan mempergunakan ukuran - ukuran kebudayaan sendiri. sikap yang menganggap bahwa kebudayaan yang dimiliki dirinya sendirilah yang lebih baik dari pada orang lain.

Integrasi masyarakat dan nasional
Integrasi masyarakat dapat juga di artikan dengan adanya kerjasama dari seluruh anggota ataupun lapisan masyarakat mulai dari individu keluarga bahkan lembaga - lembaga, secara keseluruhan integrasi masyarakat akan terwujud apabila kita sebagai masyarakat mampu mengendalikan prasangka yang muncul di dalam masyarakat itu sendiri sehingga tidak sampai mengakibatkan terjadinya konflik yang berkepanjangan.

Sekian nih yang bisa gua jelasin ke kalian semua.
Semoga bermanfaat

Terima kasih



Sumber :
https://dimasnurfitriani.wordpress.com/2012/11/23/bab-vii-pengertian-masyarakat-pedesaan-dan-perkotaan-serta-pertentangan-sosial-dan-integrasi-masyarakat/
https://egggii.wordpress.com/2012/11/25/pertentangan-sosial-dan-integrasi-masyarakat/
http://taniakharismaya.wordpress.com/2013/12/01/pertentangan-sosial-dan-integrasi-dalam-masyarakat/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © MBUL - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Raka Muhamad Farhan -